Senin, 23 November 2009

Analisis Jurnal III

Posted by paulina.iren at 03.33

Pengaruh Kualitas Teknik, Kualitas Fungsional, dan aktivitas Pemasaran Tradisional Terhadap Citra Perusahaan PT. TELKOM Kantor Daerah Tasikmalaya.

Kartawan 1), Toto Sugiharto S2, Sumarna 3)

tsharto@gunadarma.ac.id

182 Pasca Sarjana Universitas Gunadarma

3 PT. TELKOM Tasikamalaya

Judul : Pengaruh Kualitas Teknik, Kualitas Fungsional, dan aktivitas Pemasaran Tradisional Terhadap Citra Perusahaan PT. TELKOM Kantor Daerah Tasikmalaya.

Latar Belakang dan Masalah

Mengglobalnya dunia ditandai dengan semakin tingginya mobilitas barang dan juga orang dari satu tempat ke tempat lain, yang sekaligus membawa konsekuensi kepada semakin ketatnya persaingan perusahaan bisnis. Kondisi ini telah mendorong semua orang untuk berfikir untuk mencari solusi bagaimana perusahaan agar tetap bertahan dan memenangkan persaingan. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan senantiasa berusaha semaksimal mungkin untuk mencari pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lamanya dengan strategi Salah satu strategi yang dapat dipergunakan yaitu dengan membangun citra perusahaan seperti yang dialami PT. Telkom Tasikmalaya.

Namum dalam membangun citra suatu perusahaan tidak semudah yang dipikirkan. Seperti yang di alami PT. Telkom kantor daerah Tasikmalaya yang kehilangan hak monopoIi pada bulan agustus 2002 yang berarti memberikan peluang kepada perusahaan lain untuk memasuki pasar, dimana masih belum diketahui apa penyebab utama PT. Telkom sampai kehilangan citra baiknya.

Tujuan

Tujuan dari pada diadakan penelitian ini adalah

1. Mengukur dan menganalisis persepsi konsumen tentang citra PT. Telkom Kandatel Tasikmalaya, dan

2. Mengukur dari pengaruh kualitas teknikal, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra PT. Telkom Kandatel Tasikmalaya.

Hasil

1. Berdasarkan jawaban responden terhadap citra PT. Telkom terpusat pada penilaian baik dan cukup baik, dengan frekuensi terbanyak menyatakan baik.

2. Variabel Kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional berpengaruh terhadap citra perusahaan artinya variabel-variabel tersebut mempunyai pengaruh signifikan dalam membentuk dan membangun citra perusahaan dengan nilai statistik (F=208,849).

3. Besarnya pengaruh ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R2)= 0,479 artinya variasi dari citra dapat dijelaskan dari variabel kualitas teknik, fungsional dan pemasaran tradisional. Secara Parsial hanya variabel teknik, dan pemasaran tradisional yang secara nyata dalam pembentukan citra perusahaan.

METODOLOGI

Metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya yaitu :

1. Teknik Pengambilan Sampel.

Populasi dalam Penelitian ini adalah PT. Telkom yang berada di wilayah Kodya Tasikmalaya, sebanyak 22,475 pelanggan. Kerangka pengambilan contoh diambil dari buku TEelepon tahun 2001/2002 dengan ukuran contoh menggunakan formulasi:

N= N

1+Ne2

Dimana: n = ukuran sampel yang diperlukan

N = ukuran populasi

e2= tingkat kesalahan 10 %

2. Operasionalisasi Variabel

Dalam penelitian ini variable yang dikaji adalah kualitas teknik, kualitas fungsional, pemasaran tradisional dan citra perusahaan. Kualitas teknik berkaitan dengan fasilitas dan penampilan fisik dalam melayani konsumen. Variabel ini diukur dengan dimensi (i) penampilan fisik karyawan; (ii) penampilan fisik PT. Telkom Tasikmalaya; (iii) peralatan yang digunakan perusahaan; (iv) fasilitas fisik pelayanan; (v) kenyamanan dan kebersihan; dan (vi) ketersediaan jaringan baru; dan (vii) pengetahuan teknik dari pegawai.

Kualitas fungsional adalah proses pelayanan berupa interaksi antara PT. Telkom dan pelanggan. Variabel ini diukur dengan dimensi sebagai berikut: (i) keramahan petugas; (ii) kesopanan dan kesabaran petugas; (iii) profesionalisme petugas dalam berinteraksi dengan pelanggan; (iv) kecepatan petugas dalam memberikan pelayanan dan (v) kemudahan petugas untuk dihubungi bila pelanggan mengalami permasalahan.

Pemasaran tradisional merupakan kegiatan berupa promosi dan penetapan tarif. Variabel ini diukur dengan : (i) iklan PT. Telkom di televisi, radio, surat kabar dan majalah; (ii) informasi dari mulut ke mulut; (iii) kegiatan social dan (iv) kewajaran tarif abudemen, pasang baru dan pulsa.

3. Analisis Data

Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini telah diuji yatu uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk mengetahui sejauhmana pengaruh variabel teknik, fungsional dan aktivitas pemasaran terhadap citra pemasaran. Data yang telah terkumpul lalu di analisis dengan analisis regresi dan korelasi.

Rumusan Persamaan regresi linier sederhana :

Y = a + b (X)

Rumusan Koefisien Korelasi :

r = n (∑XY) –(∑X) (∑Y)

[ n (∑X2) -(∑X)2]1/2 [ n (∑Y2) - (∑Y)2]1/2

0 comments:

Posting Komentar

 

irene.paulin's Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare