Kamis, 12 November 2009

Analisis MR II

Posted by paulina.iren at 20.08

Analisis Perpaduan Komponen Anggaran dalam Prosedur Anggaran: Pengujian Kontinjensi Matching

M. Nizarul Alim

Falkutas Ekonomi Universitas Trunojoyo, Indonesia

Email : nizarul_alim@yahoo.com


Latar Belakang dan Masalah

Sistem anggaran memilki fungsi manajerial yang meliputi perencanaan, koordinasi, evaluasi dan umpan balik. Terkait dengan fungsi manajerial maka antara satu komponen anggaran dengan komponen yang lain memiliki time sequence. Blocher (2000) menyatakan bahwa efektivitas anggaran tidak hanya tergantung satu komponen saja tetapi keberhasilan anggaran dipengaruhi oleh perpaduan dan interdependensi antar komponen anggaran. Namun masalahnya yaitu partisipasi anggaran dapat berpengaruh terhadap sasaran anggaran, dan faktor-faktor lainnya seperti revisi anggaran, evaluasi anggaran dapat berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Dan kepuasan kerja manajer.

Tujuan

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas perpaduan antar komponen anggaran dengan pengujian kontinjensi matching dengan argument bahwa penganggaran merupakan suatu prosedur yang berurutan dan saling terkait antar komponen anggaran.

Metodologi

Metode dalam penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kontinjensi yaitu model kontinjensi matching dengan level penelitian eksplanatif, serta mengambil responden para manajer unit bisnis dengan produk barang konsumsi. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode cluster random sampling dan analisis statistik inferen untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi dengan persamaan :

X2= a+b1X1 dan Y = a+b2X2 + b3x3 + b4(X2-X3) + h5(X2-X4)

Hasil

Berdasarkan temuan empiris di atas dapat dijelaskan beberapa kesimpulan diantaranya bahwa partisipasi anggaran berpengaruh signifikan terhadap sasaran anggaran, serta kebijakan revisi anggaran pada kondisi khusus adanya evaluasi anggaran yang berbasis pada proses pencapaian anggaran berpengaruh signifikan terrhadap kinerja manajerial dan tidak sekedar varian anggaran dipertimbangkan untuk meningkatkan kinerja. Dalam proses penyusunan anggaran, pelaksanaan dan koordinasi serta pengendalian anggaran, komponen anggaran tidak harus dipaksakan fit dengan tingkat kesulitan anggaran. Namun demikian, adanya match antar komponen anggaran berpotensi untuk meningkatkan kinerja manajerial.

0 comments:

Posting Komentar

 

irene.paulin's Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare