Minggu, 29 November 2009

Posted by paulina.iren at 05.34
PRODUK DALAM VS PRODUK LUAR

Bila kita melihat dari judul tersebut, satu kata yang bisa kita tarik yaitu “ persaingan ”. Yang dimana Persaingan Produk dalam Negeri yaitu Indonesia dan Produk luar Negeri. Dimana seperti yang kita lihat produk dalam negeri sampai saat ini kalah bersaing dengan produk luar. Tetapi mengapa bisa begitu ? Itu juga mungkin jadi pertanyaan orang banyak. Kenapa warga Indonesia lebih tertarik kepada produk luar negeri, padahal kita sebagai warga negara Indonesia seharusnya lebih mencintai produk sendiri atau produk dalam negeri. Semuanya dapat terlihat dengan banyak produk luar yang masuk ke Indonesia dan terbukti sangat diminati atau disukai oleh masyarakat Indonesia.

Disinilah mari kita coba telaah perilaku konsumen atau sebab – sebab mengapa produk luar lebih disukai daripada dalam negeri. Disini saya akan mencoba mengeluarkan pendapat saya. Yang pertama menurut saya adalah mutu atau kualitas daripada produk itu sendiri. Memang produk luar jauh lebih baik mutu atau kualitasnya, dan terbukti juga dengan harganya yang mahal. Tetapi bukan berarti produk dalam tidak memiliki mutu yang tidak baik, mutu dari produk kita sendiri sudah cukup baik apalagi saat ini dengan banyaknya industri – industri yyang memiliki produk yang sangat kreatif, terutama banyak kita temukan di Bandung hingga bisa dijuluki dengan “ Surga Belanja ”. alasan lain yaitu gengsi daripada masyarakat kita yang berpendapat tidak level jika tidak memakai produk – produk luar yang sudah pasti barang – barang bermerk. Disini kita lihat perilaku konsumen itu sendiri bahwa lebih gengsi jika tidak memakai barang – barang bermerk, yang timbul dari pengaruh – pengaruh orang – orang sekitarnya seperti keluarga, teman, rekan sekerja atau sudah menjadi gaya hidupnya. Disini juga menurut saya peran pemerintah sangat penting dalam menghadapi ini, mungkin pemerintah bisa dengan mendorong industri – industri dalam memproduksi barang – barangnya agar dapat lebih berkualitas dan lebih kreatif. Sehingga jika industri kita maju dan produk dalam dapat diterima dan dinikmati oleh kita sendiri sehingga dapat memajukan perekonomian Indonesia.

Jadi disini yang harus kita perbaiki untuk memajukan produk dalam negeri menurut saya terutama yaitu mutu daripada produk tersebut, seperti saya bukanlah orang yang gila dengan barang – barang bermerk atau branded tapi terkadang saya memilih produk luar dalam membeli suatu barang, dikarenakan mutu itu sendiri. Walaupun agak sedikit mahal dibanding produk dalam, tetapi saya berpikir jika saya membeli produk luar karena lebih tahan lama karena mutunya sendiri. Contoh simplenya yaitu bila saya membeli celana jeans, saya cenderung membeli produk dari luar karena mutunya dan bisa tahan lama, barulah disusul dengan model dari barang itu sendiri. Namun bukan berarti saya tidak membeli produk dalam, saya juga menyukai karena cukup banyak produk dalam negeri yang bagus dan lucu – lucu. Jadi disini, kita harus memulai mencintai produk dalam negeri kita sendiri untuk memajukan produk kita sendiri, dan juga kita mengharapkan agar industri – industri di Indonesia untuk lebih termotivasi untuk memproduksi produk – produk yang bagus, ayo.... kita harus bekerja sama membangun Indonesia lebih maju, seperti yang mulai kita serukan “ I Love Indonesia ”, berarti kita juga harus memulai mencintai produk dalam negeri.

0 comments:

Posting Komentar

 

irene.paulin's Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare